Pilih Mana: DJI OSMO 2 atau OSMO 3 ?

Sebagai Youtuber yang mengandalkan HP sebagai perangkat untuk bikin video, saya sudah lebih dari 3 tahun memakai gimbal DJI OSMO Mobile 1 (generasi pertama). Pada awalnya sih cukup memuaskan cuma semenjak sekitar setahun belakangan, gimbal ini sering error
secara tiba-tiba (tidak mau stabil, sering bergerak sendiri dan kadang stabilizernya tidak berfungsi/off). Maka sayapun berniat untuk beli gimbal lagi. Dari banyak merk dan model yang tersedia dipasar, saya mulai mencari alternatif merek lainnya, karena produk DJI harganya cukup mahal. Untuk OSMO Mobile 1 saya membelinya dengan harga hampir RP 4 juta rupiah sementara merek lain harganya cuma setengahnya saja. 

Namun saya kembali mempertimbangkan untuk membeli produk DJI lagi karena harga untuk OSMO Mobile 2 ternyata sekarang sudah jauh lebih ramah terhadap kantong! Ketika sudah mengambil ancang-ancang untuk membeli Osmo 2, eh ternyata DJI mengeluarkan Osmo 3 dengan harga yang bahkan lebih murah dibanding dengan OSMO Mobile 2 dengan beberapa keunggulan tambahan. 

Dari hasil "bedah gimbal" berikut merupakan hasil perbandingan kedua produk tersebut: DJI Osmo 2 desainnya nyaman dengan beberapa efek yang spesial seperti ActiveTrack, untuk mendeteksi gerakan objek yang bergerak cepat, seperti dalam sebuah pertandingan olahraga. Melalui aplikasi DJI Go, kita juga bisa membuat efek timelapse, motionlapse, hyperlapse, slow motion dan sebagainya. Sementara batere bisa bertahan hingga 15 jam.

Sementara Osmo 3 memiliki tambahan keunggulan seperti design yang bisa dilipat, sangat ringkas untuk dibawa bepergian. Colokan untuk charger pada handphone tidak terhalang sehingga kita bisa merekam video sambil mengisi batere. Lebih cepat dalam mencapai keseimbangan sehingga proses perekaman video bisa segera. Ada tombol stand by sehingga kita bisa menerima telpon ketika hp terpasang pada gimbal. Koneksi bluetooth sudah 5.0 (Osmo 2 masih bluetooth 4.0). Bisa menggunakan aplikasi DJI Mimo dengan lebih banyak fitur dibanding aplikasi DJI Go.

Dengan pertimbangan tersebut diatas, rasanya saya tidak ragu lagi untuk memilih Osmo 3 dibanding Osmo 2 karena selain harga, fitur-fiturnya lebih lengkap.     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kidung Tradisional Sunda