Penghapusan Besar-besaran Subscriber Palsu Youtube

Buat para Creator Youtube, meningkatkan jumlah subscriber merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Menaikkan jumlah subscriber bukanlah perkara mudah, perlu waktu dan usaha dengan mencoba berbagai cara. Subscriber yang tumbuh secara organik tetaplah yang terbaik dibanding subscriber yang didapat dengan cara instan misal dengan "membeli" subscriber dari situs-situs yang menawarkan subscriber dengan jalan pintas.

Baru-baru ini, Youtube membuat pengumuman pada tanggal 13 - 14 Desember 2018, akan menghapus subscriber (di channel kreator) yang berasal / terindikasi dari akun spam. Saya mencoba mengecek tanggal Youtube melakukan bersih-bersih subscriber spam, dan hasilnya ternyata ada 113 subscriber dari channel saya yang dieliminasi/dihapus pada sekitar hari itu). Untunglah walau ada pengurangan jumlah subscriber sebanyak 113 orang, channel saya masih "aman" karena jumlah subscriber sudah jauh diatas 1000 (ambang batas minimal) dan tetap diselipkan 'adsense' sehingga penghasilan dari iklan masih tetap berjalan.

Rupanya, Google selalu memantau "keabsahan" subscriber yang kita dapat. Jika sebelumnya subscriber yang berasal dari akun spam tidak terdeteksi, Google terus memperbaiki sistem pencariannya, sehingga pada tanggal 13-14 Desember 2018 kembali melakukan bersih-bersih dan banyak menemukan akun subscriber spam yang sebelumnya lolos dari pantauan.

Mengapa kita memiliki subscriber spam di channel kita?! Padahal kita tidak pernah mengundang / membeli subscriber palsu?! Ternyata akun subscriber spam berlangganan kepada beberapa channel secara acak, bukan hanya kepada channel pembeli subscriber saja, hal ini dilakukan untuk mengelabuhi Google.

Jadi, untuk para kreator yang masih berjuang untuk mencapai 1000 subscriber agar dapat ikut serta menjadi Youtube Partner Program sehingga bisa menghasilkan uang dari Youtube, sebaiknya jangan pernah membeli subscriber karena bagaimanapun juga Google bisa mengetahuinya dan subscriber palsu tersebut akan dihapus dari channel anda. Lagian pula, memiliki subscriber spam tidaklah berguna karena mereka jelas tidak akan pernah menonton video di saluran kita, sehingga selain 1000 subscriber, jumlah 4000 jam tayang dalam setahun terakhir (jumlah minimal jam video kita diputar/ditonton oleh pemirsa), sebagai syarat lain untuk dapat mengikuti Youtube Partner Program, tidak akan tercapai. 

Saran untuk para kreator yang ingin menjadi bagian dari Youtube Partner Program, bangunlah channel anda dengan subscriber yang nyata sehingga mereka bukan hanya sekedar berlangganan saja namun juga menonton video yang anda sajikan. Fokus dalam membangun komunitas yang sekiranya menyukai video-video yang anda buat sehingga anda memiliki penonton yang setia. Sabar dan tekun adalah kunci.

Selamat mencoba !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kidung Tradisional Sunda