Tentang Logo, Brand dan Branding

LOGO : Merupakan representasi visual dari sebuah perusahaan sebagai identitas. Identitas ini dinyatakan melalui beberapa elemen seperti simbol, kata, warna, jenis huruf dan sebagainya.


Sebuah logo bisa merupakan sebuah tanda atau simbol. Namun demikian walaupun logo merupakan representasi visual dari sebuah brand / merek, logo bukanlah sebuah brand / merek itu sendiri.

BRAND (merek) : Brand memiliki cakupan lebih luas dari logo. Brand bisa berarti banyak hal seperi jingle, orang pengalaman dan sebagainya. Ia merupakan elemen kolektif yang membentuk kesan tentang suatu layanan, perusahaan, orang atau produk.

Brand merupakan sebuah ide / konsep tunggal dalam diri si pemilik yang dirasa paling prospektif untuk menjadi sukses. Orang membangun ikatan emosional dengan brand / merek. Dan karena keputusan untuk membeli suatu produk dibuat berdasarkan emosi, maka pengalaman positif ketika memakai suatu produk / jasa merupakan hal yang sangat penting.

Beberapa unsur yang membentuk sebuah brand terdiri dari:

(1) Unsur Visual: iklan, logo, jenis huruf, warna, figur sentral.
(2) Persepsi: melalui pengalaman personal maupun dari rumor.
(3) Pernyataan: tersirat bahwa suatu brand berbeda / lebih baik dibanding dengan brand / merek lain.

BRANDING : Merupakan sebuah ekspresi dan upaya strategis untuk membuat perusahaan berbeda dan dikenali. Entah itu melalui pakaian seragam, kendaraan, hadiah berupa barang, cetakan, komunikasi secara visual maupun suara dan sebagainya.


Kaitan Antara Logo, Brand dan Branding 

Jika manusia dianalogikan sebagai sebuah perusahaan, maka logo merupakan wajah dan brand merupakan pola pikir. Wajah merupakan elemen yang membedakan manusia yang satu dengan lainnya secara fisik. Mimik dan ekspresi wajah ketika berkomunikasi dan bagaimana cara berkomunikasi ditentukan oleh pola pikir seseorang.

Brand adalah bagaimana konsumen melihat / mempersepsikan anda sementara branding adalah proses yang anda ciptakan dalam mempengaruhi bagaimana konsumen mempersepsikan anda.
Dalam usaha untuk branding, anda menggunakan identitas brand anda terdiri dari unsur visual dan verbal. Logo anda adalah salah satu emblem yang mewakili brand anda secara keseluruhan.

Selain branding, ada juga satu istilah dalam dunia marketing yaitu Positioning. Positioning adalah keberadaan satu perusahaan dan bagaimana mereka menempatkan diri diantara perusahaan lain yang sejenis.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kidung Tradisional Sunda

Kembali Digelar Setelah 500 Tahun Karya Agung di Pura Gelgel